Kamis, 14 April 2011

ANTARA TEKNOLOGI,POPULASI,MOTIVASI,NIAT


Seiring dengan perkembangan teknologi, yang mana dalam hal tersebut sangat dan sangatlah berpengaruh terhadap minat semangat belajar santri, jikalau misalnya kita persenkan diantara semua santri yang minat belajarnya diatas rata-rata kadar ketidak semangatan sangat sedikit sekali bahkan tidak mencapai seper empat dari sekian banyak santri.
Tidak jarang, kalau misalnya dari beberapa santri yang sering bolos, bahkan sampai dikeluarkan oleh pihak sekolah, tidak lain penyebabnya yaitu:

Pertama :Teknologi jadi, pola pikir santri maunya yang serba instan sehingga mengurangi terhadap kesemangatan mereka untuk belajar.

kedua : pergaulan bebas hal ini juga, menetukan pola pikir santri jadi, kalau misalnya populasi santri tersebut berada di tengah-tengah pergaulan yang Amoral maka disadari atau tidak, secara otomatis santri tersebut akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Baik berubah dari segi penampilan, pemikiran, dan yang sangat di khawatirkan jika santri tersebut benar-benar berubah dari segi pesikologisnya karna dampak dari hal tersebut akan berakibat pada sekitarnya.

ketiga :Motivasi atau dukungan dari orang tua bagian ini juga sangat penting sekali bagi santri karena orang tua itu tidak cukup dengan memberikan semangat , tanpa dengan membeberikan pandangan terhadap anaknya yang bersifat memikirkan existensi orang tua.
Jadi disayangkan sekali kalau misalnya orang tua menitipkan anaknya ke pengurus/ustadz tanpa terjun langsung ke lapangan maksudnya dengan cara menanyakan ke sekolah-sekolah bagaimana keadaan anak saya?.
Dari salah satu diantara kami ber empat dia selaku pimpinan sekaligus guru kami yang tidak asing lagi di bumi annuqayah yaitu: Bpk.Moh .afif readi SH.I yang menurut kami dia mengetahui banyak dalam bidang ilmu PSIKOLOGI menyatakan bahwa:diantara para wali-wali santri orentasinya bukan bagaimana anaknya mencari ilmu lillahi ta`ala melainkan mereka ber orentasi agar anaknya dengan mencari ilmu dapat menghasilkan pekerjaan (uang) itu sangat keliru sekali imbuhnya.
tidak heran ketika misalnya seorang pejabat yang korupsi,penggelapan uang dll. Karena ilmunya tak bermanfaat.

Imam al- ghazali dalam fatwanya:
Barang siapa yang mencari ilmu karena kehidupan dunia maka dia termasuk orang yang celaka,
barang siapa mencari ilmu karna pangkat dunia (jabatan) maka orang itu termasuk orang yang rugi.
dan barang siapa mencari ilmu karna allah maka beruntunglah dirinya.
Hal ini, sangat diyakini sekali bahwa antara ilmu dan niat sangatlah bergantungan sekali. Seseorang mempunyai ilmu tanpa di dasari dengan niat yang baik tidak (lillahi ta`ala) tidak ada gunanya maksudnya efek dari niat tersebut akan mengarah kepada hal-hal yang tidak baik.


oleh: av~vand hari

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Bagi teman-teman atau siapapun yang ingin berbagi di blog istana langit ini silahkan kirim ke alamat email pengelola blog tanjungkodok4.yaitu tanjungkodok4@gmail.com.semuga blog ini bermanfaat untuk menjalin silaturrahmi dan menyebarkan ilmu Allah